Sabtu, 10 Januari 2009

Penggunaan flash disk sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Penggunaan flash disk yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komputer kita terinfeksi virus yang berasal dari komputer lain. Tahukah anda bahwa virus komputer juga bisa juga di deteksi lewat flash disk dengan menggunakan software antivirus portable.

Anda dapat menjalankan antivirus yang telah disimpan di flash disk meskipun software antivirus tersebut tidak ter-install pada komputer tersebut.

Ada beberapa aplikasi antivirus yang bisa dijalankan melalui flash disk, seperti misalnya: AntivirX, ClamWin yang bisa anda download di www.clamwin.com.

Setelah download dan disimpan pada flash disk, anda perlu membuat sebuah file yang akan menjalankan software antivirus pada flash disk tersebut secara otomatis ketika flash disk di colokkan ke komputer.



Cara menggunakan antivirus portable tersebut sebagai berikut:

1. Colok flash disk ke komputer.
Note: Jangan langsung membuka flash disk pada komputer agar virus tidak masuk ke flash disk atau sebaliknya.

2. Setelah flash disk tertancap di komputer, jalankan fungsi autorun dengan cara mengklik [ok] ketika kotak dialog box muncul pada komputer, dan antivirus portable itupun akan berjalan.

3. Software antivirus tersebut akan men-scan komputer. Tentu saja ini akan memakan waktu yang cukup lama apabila terdapat banyak file pada komputer tersebut.

4. Jika komputer tersebut ada virusnya, segera bersihkan. Atau cabut saja flash disk anda karena komputer tersebut jelas ada virusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar